Tugas Seksi


TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB SEKSI-SEKSI



I.          Seksi Bidang Organisasi Dan Kaderisasi

  1. Mewajibkan calon anggota untuk membuat kartu anggota.
  2. Mengadakan pengkaderan terhadap anggota PGRI.
  3. Mengadakan pelatihan secara bertahap dan berjenjang.
  4. Melakukan pembinaan terhadap anggota PGRI berkaitan dengan norma norma pendidik dan tenaga kependidikan.
  5. Pemautuan pendataan kartu anggota untuk mengganti kartu anggota lama.
  6. Melanjutkan peran serta PGRI dalam memasyarakatkan pemahaman UU No.20/Th.2003 Tentang sisdiknas.
  7.  Penanaman untuk PGRI pada wawasan kejuangan pada jenjang kepengurusan.
  8.  Menanamkan pemahaman dan pengamatan kode etik guru dan ikrar guru Indonesia pada seluruh anggota PGRI khususnya cabang PGRI Cengkareng.
  9.  Pemantapan TQM (Total Quality Management) anggota PGRI cabang Cengkareng.
  10. Memperbaiki, menata,menyempurnakan system dan mekanisme kerja organisasi serta mekengkapi sasaran kerja organisasi yang lebih memadai agar mampu melayani keperluan sebuah organisasi professional.
  11.  Membina, mengembangkan dan mendayagunakan kader PGRI secara optimal diberbagai bidang pengabdian dan keahlian.
II.       Seksi Bidang Ketenagakeruaan Dan Kesejahteraan
  1.  Mendirikan toko koperasi di berbagai gugus atau ranting dan ranting khusus untuk penyerapan tenaga kerja.
  2.  Mengupayakan anggota PGRI mendapatkan kredit uang/kendaraan.
  3.  Merenovasi gedung secretariat PGRI, mendirikan pabrik/usaha, rumah sakit, dan sekolah PGRI.
  4.  Membudidayakan adanya peluang tenaga keras guru pada sekolah negeri maupun swasta.
  5.  Memberikan atau upaya mendapatkan kesempatan kerja anggota nya pada instansi lain.
  6.  Meningkatkan pelayanan kepada para anggota PGRI , khusus nya anggota PGRI cabang Cengkareng.
  7. Mendirikan Biro Perjalanan Haji dan Umroh baik untuk anggota maupun umum (masyarakat).
  8. Mendayagunakan kader PGRI secara optimal dan berbagai bidang pengabdian sesuai keahlian.



III.    Seksi Bidang Komunikasi dan Informasi

  1.  Koordinasi dengan seksi bidang informasi dan komunikasi kodya.
  2. Mensosiallisasikan seluruh kegiatan PGRI cabang baik ke ranting dan Kodya.
  3.  Mengikuti kegiatan informasi dan komunikasi yang diselenggarakan oleh Kodya dan Provinsi

4.      Melanjutkan dan meningkatkan wawasan PGRI bekerjasama dengan  instansi terkait.

5.      Meningkatkan koordinasi antara pengurus cabang tingkat kota administrasi Jakarta barat dengan pegurus PGRI tingkat prov.dki Jakarta bila ada yang dihadapi anggota PGRI.

6.      Meningkatkan koordinasi dengan dewan penasehat dari tingkat provinsi kotamadya dan cabang dalam rangka membahas berbagai masalah yang dihadapi PGRI.

7.      Mensosialisasikan hasil kerja PGRI kepada masyarakat sekolah agar dapat diketahui secara umum.

8.      Mengadakan pendekatan dengan instansi lain dan study banding dengan organisasi profess lain.

9.      Melaksanakan survey dan hubungan diokrasi yang bak dengan biro travel.

10.   Mengadakan kerjasama dengan organisasi profesi lain.

11.   Mengadakan kerjasama dengan biro perjalanan atau travel.

12.   Mengadakan kerjasama dengan showroom mobil,property dan usaha lain yang layak     bagi guru.

13.   Mempasilitasi kesejahteraan guru dalam bidang property,pendidikan luar negeri,umroh dan perjalanan haji.

14.   Sekretariat PGRI cabang Cengkareng memliki e-mail dan website dan semua sekolah, TK, SD, SLTP dan SLTA di Kec. Cengkareng harus memiliki e-mail dan website serta pelatihan Think Quest.



IV.  Seksi bidang penelitian dan pengembangan

  1. Memberi rekomendas guru untuk melaksanakan penelitian ilmiah maupun penelitian tindakan kelas (PTK/PTS)
  2. Menerima siswa atau mahasiswa megadakan penelitian ilmiah remaja sesuai/dengan  bidang kejuruan atau jurusannya hubungannya dengan kegiatan PGRI
  3. Turut mebantu dan merekomendasikan siswa/mahasiswa untuk kegiatan peneliatian di sekolah maupun pada instansi lain
  4. Turut mebantu dan mengembangkan hasil temuan penelitian guru guru atau penelitian orang lain dan atau instansi lain
  5. PGRI cabang mengadakan penelitian bulanan/tahunan atau kemajuan organisasi nya.
  6. Study banding kesekolah unggulan tentang KBM dan evaluasi yang ditetapkan dalam KTSP untuk peningkatan sesuai tingkatan pendidikan diwilayah di cabang Cengkareng.



V.  Seksi bidang pendidikan dan pelatihan

  1. Menyelenggarakan bimbingan Teknis untuk mendapatkan kader kader kesadaran bela Negara (bekerja sama dengan tim Kwarnas)
  2. Menyelenggarakan bimbingan teknis penerapan pendidikan karakter disekolah.
  3. Menyelenggarakan Seminar/ workshop pendidikan dan pelatihan (mengundang nara sumber yang berkompeten) seperti:

a.       KTSP, EDS, RKS/ RKAS/ RAPBS

b.      Lerning proses

c.       Manajerial

d.      Pelatihan MC

e.      Pelatihan IT 

f.        Pelatihan bahasa asing  (Inggris, Arab/ Mandarin )

g.       Pelatihan eSQ

4.       Pengurus PGRI  dari  tingkat   propinsi  sampai  ranting  agar berperan  aktif dalam

5.       Menyingkatkan kemamouan professional guru  melalu pelatihan  pelatihan

6.       Menyelangaraan   pendidikan, seminar, lokakarya, workshop,  diskusi  dan lain-lain yang relefan.

7.       Penetapan pengembangan KTSP dan Silabus

8.       Mengadakan pelatihan untuk peningkatan status sekolah dari reguker ke SSN/ RSBI .

9.       Kegiatan pengembangan diri melalui englis Day /Club bagi kepala sekolah  dan anngota PGRI

10.   Mengadakan pendidikan untuk Pelatihan Extrakurikuler  

11.   Pelatihan IT guru dan tenaga pendidikan 

12.   Meningkatkan  Kemampuan para ,pengurus Kader dan  semua anggota PGRI melalu latihan kader kemimpinan organisasi baik dalam keterampilan dasar maupun  latihan kader kemimpinan maupun keterampilan khusus secara bertahap, berjenjang dan berkesinambungan di dalam maupun baik di luar organisasi.

13.   Meningkatkan mutu TK (tenaga kependidikan) dengan menyelanggarakan seminar workshop, diskusi, penataran secara bertahap berjejang dan berkesinambungan baik diluar maupun di dalam organisasi

14.   Menyelanggarakan pendidikan Program Pascsarjana





VI. Sekbid Pembinaan Karir Dan Profesi

1.    Meningkatkan kemampuan anggota PGRI semua tingkatan pendidikan melalui latihan kader kepinpinan baik keterampilan dasar maupun khusus secara bertahap berjejang dan kesinambungan

2.   Mendidik moral dan karakter peserta didik agar menjadikan SDM bermoral karakter terpuji jujur bertanggung jawab dan tepat dipercaya serta berwawasan lurus kedepan

3.    Meningkatkan mutu kualitas manejeman guru dengan pelatihan keterampilan khusus tentang manajerial secara bertahap berjejang kependidikan bekerja sama dengan instansi terkait

4.      Study banding ke sekolah unggulan tentang KBM dan evaluasi yang ditetapkan dalam KTSP untuk peningkatan sesuai tingkatan pendidikan di wilayah Cabang Cengkareng

5.   Meningkatkan pemahaman peningkatan dan pengalaman kode etik guru dan ikrar guru Indonesia bagi guru anggota PGRI dalam peningkatan mutu pendidikan.

6.   Memperjuangkan agar guru perempuan diberi kesempatan untuk diberi kedudukan sebagai kepala sekolah

7.  Meningkatkan guru berprestasi dan kinerja untuk meningkatkan karir sesuai tingkat pendidikan

8.        Pembinan kepada guru  dalam membuat karya ilmiah menuju guru profesional

9.       Pembinaan PTK/ PTS di sekolah masing-masing.



VII. Seksi Bidang Kerohonian

1.    Pelajaran pendidikan karakter budi pekerti supaya diadakan dalam jadwal mata pelajaran di Semua jenjang pendidikan

2.  Meningakatan iman dan taqwa serta wawasan keagamaan guru pada umumnya dengan Jalan :

a.       Melasaknakan penjanjian agama 1 kali seminggu

b.      Melaksanakan penjelasaan kegiatan hari besar agama

c.       Melaksanakan seminar, diskusi, workshop, lokakarya dan lain lain hubungnya dengan Agama

d.      Melaksanakan peraturan ,wawasan keagamaan di semua jenjang pendidikan

e.      Mengalakkan memahami kitab suci khusus yang beragama islam

f.        Dakwa iman dan taqwa bagi generasi yang ada (siswa) dengan berusaha menjadikan manusia berguna bagi nusa dan bangsa.

  3.  Meningkatkan silahturrami dengan mengadakan berbuka puasa bersama anggota PGRI dan halal bihalal untuk mempertebal kebersamaan dam kekeluargaan  serta kesetiaankawanan sebagai anggota PGRI

4. Mampu membuat tulisan artikel nuansa agama yg dimuat di majalah GEMA WIDYA


VIII. Seksi Bidang Pendidikan Dan Pemberdayaan Perempuan

1. Memasukkan tenaga kerja perempuan pada berbagai intansi dan perusahan

2. Membentuk pengusaha pengusaha bebagai bidang untuk perempuan.

3. Promosi jabatan untuk perempuan sesuai jenjang pendidikan.

4. Mengadakan lomba lomba  berbagai biding yang dapat diikuti perempuan

5 .Menyediakan kegiatan kegiatan perempuan sesuai sehari hari pendidikan nasional





IX.  Seksi Bidang Pengembangan Seni Budaya Dan Olah Raga

  1. Melaksanakan  Lomba Porseni PGRI Cabang Cengkareng {Dalam Rangka Hut PGRI}
  2. Mengikuti Kegiatan Jalan sehat, sepeda santai dan gerak jalan tingkat Kodya /Provinsi
  3. Mengikuti perseni tingkat Kodya jakbar provinsi DKI JAKARTA.
  4. Mengikuti TEA WORK tingkat kota administratif Jakarta Barat dan tingkat Provinsi.
  5. Mengadakan bidang seni pada sekolahsekolah antara lain :
  • Seni music tradisional/ Modern
  • Tarian Daerah
  • Paduan Suara
  • Seni Musik Keagamaan (Musik Religi)
     6.      Mengadakan bidang Olah Raga pada acara sesuai kegiatan Dinas Olah Raga dan O2SN
  • Bola Voli
  • Bulutangkis
  • Sepak Bola
  • Catur
  •  Tenis Meja
  • Tenis Lapangan
       7.      Mengikuti kegiatan Gebyar Cabang Cengkareng dalam Rangka HUT PGRI
       8.      Menyelenggarakan Porseni bagi Guru dan Tenaga Kependidikan.
 
X. Seksi Bidang Pengabdian Masyarakat

  1.  Memberikan santuan terhadap yatim piatu dan kaum duafa
  2.  Organisasi bisa menyantuni kepada masyarakat yang miskin skala prioritas
  3.  Mengupayakan peningkatan dana satuan bagi anggota keluarga yang mendapat musibah meninggal dunia yang realisasinya diatur atau dilaksanakan oleh pengurus ranting masing –masing yang berstandar kepada kebijakan pengurus PGRI cabang.
  4. Mengadakan pemantuan dan kebersamaan serta menjunjung panti asuhan , panti jompo
  5.  Mengarahkan dan membuat  wadah bagi anak-anak jalanan agar dapat mewujudkan serta mengembangkan bakat yang mereka miliki
  6. Mengadakan bimbingan dan penyuluhan terhadap peserta didik tingkat SD,SLTP dan SLTA
  7.  Kerjasama dengan perusahaan [entrepreneurship]
  8. Menyelenggarakan seminar, lokakarya , workshop, diskusi yang relevan dengan pendidikan pada setiap kelurahan
  9.  Menulis dan mengedarkan penertiban khusus dibidang profesi keorganisasian dan ketenagakerjaan melalui majalah GEMA WIDYA KARYA
  10.  Pengurus PGRI dari tingkat provinsi sampai ranting agar berperan aktif dalam penyelenggaraan pelatihan tentang KBK dan bekerjasama dengan Dinas Dikmenti/ Diknas .
  11.  Mempercayakan kepada kader fungsional pendidikan /kader PGRI untuk membina generasi muda
  12.  Memanfaatkan hari-hari libur panjang diakhir tahun pelajaran untuk menyelenggarakan rekreasi/ piknik tidak hanya dikordinir oleh TK saja , tapi juga SD,SLTP dan SLTA.
  13. Membantu anggota dalam pembuatan passport, dan surat-surat lain yang berkaitan dengan study banding
  14. Menyalenggarakan kegiatan peringatan hari besar nasionol [PHBN]



XI. Seksi Bidang Advokasi Dan Perlindungan Hukum

1.       Memiliki lembaga bantuan hokum [LBH]

2.       Memberikan bantuan hokum pada guru bermasalah danmusibah yang mengena pada hokum

3.       Memberikan bantuan hokum : Pernikahan talaq, rujuk dan perceraian

4.       Memberikan bantuan hokum pada : pembagian waris, hibah, sumbangan dan wakaf.

5.       Memberikan bantuan hokum pada pendirian yayasan dan sengketanya.



XI. Seksi Bidang Kerjasama Luar Negeri

1.    Memberikan ruang gerak atau jalan untuk mendapatkan beasiswa dengan luar negeri bagi para guru berprestasi.

2.      Mendorong adanya kerjasama usaha PGRI dengan Negara Luar.

3.      Turut menyalurkan tenaga pengajar ke luar negeri

4.      Turut menawarkan wisata Indonesia ke luar Negeri.

5.    Memberikan ruang gerak atau jalan untuk mendapatkan beasiswa dengan luar  negeri bagi para guru berprestasi

6.       Mendorong adanya kerja sama usaha PGRI dengan Negara luar

7.       Turut menyalurkan tenaga pengajar ke luar negeri

8.       Turut menawarkan wisata Indonesia ke luar negeri

9.       Tukar menukar informasi budaya beradap yang dapat diterapkan di Indonesia

10.   Tukar menukar tenaga professional dengan luar negeri

11.   Wisata edukatif ke luar negeri



G. Penutup

     Penyusunan progam kerja ini sudah direvisi oleh kerja tim dari rekomendasi progam hasil musyawarah masing-masing seksi bidang yang terlaksana pada tanggal 5 Mei 2011 digedung BLK KEMKES RI Cimacan no. 17, Pacet, Cianjur,  Jawa Barat





                                                                                                                        Jakarta, 6 Mei 2011



         Ketua,                                                                                                        Sekertaris,





   Ttd.                                                                                                                     Ttd.



Drs H. Alimin Idris                                                                                     H. Sungkono, S .Pd

























PROGRAM KERJA
Tahun 2011-2012

NO.
RENCANA KEGIATAN
BULAN )*
7
8
9
10
11
12
1
2
3
4
5
6
1.
Sosialisasi Program Kerja
ü V











2.
Pendataan Ulang dan Pembuatan Kartu anggota baru












3
Silaturahmi melalui Halal Bihalal












4
Optimalisasi dan Renovasi  gedung Sekretariat PGIN Cabang Cengkareng












5.
 Pembuatan website kantor cabang PGRI dan sekolah yang belum memiliki












6.
Pelatihan peningkatan mutu kepala sekolah dan Status sekolah












7.
Pelatihan PTS dan PTK












8.
Pemberdayaan berbagai bidang kegiatan perempuan












9.
Porseni hari jadi PGRI












10.
Penggalangan  dana bantuan musibah












11.
Pendirian lembaga bantuan hukum



























Catatan : Beri tanda : V pada kolom bula nyang akan segera dilaksakan?

                                                                                                           Jakarta, 7 Juli 2011

           Ketua,                                                                                          Sekretaris,
                                                                                                            
           Ttd.                                                                                                  Ttd.

Drs. H. Alimin Idris                                                                          H. Sungkono, S.Pd.

1 komentar: